Sanggar Taman Mraen Mimpi

adalah nama yang sejak awal mewakili mimpi kami dalam upaya memajukan literasi di Indonesia dengan harapan dapat menjadi cikal bakal pertemuan antara pendidikan, kesenian dan kebudayaan.

Mraen adalah sebuah dusun di kabupaten Sleman, Yogyakarta, dimana bermula dari gang kecil inilah lahir sebuah gerakan literasi bernama MRAEN MIMPI. Kata “mraen” kami umpamakan sebagai kata yang memiliki arti “meraih”, kemudian kami menambahkan kata “mimpi” setelahnya. Iya, kami sedang meniti langkah untuk meraih sebuah mimpi.

Mraen Mimpi sebagai gerakan literasi yang menggunakan media gerobak bernama “PELAN2” (dibaca pelan-pelan), memiliki filosofi yang bermakna; kami pelan-pelan berproses dengan memulai dari sesuatu yang mampu kami lakukan, yakni berupa Perpustakaan Jalan-jalan.

Mraen Mimpi dengan PELAN2 didirikan pada 8 Agustus 2020, gerobak tersebut didesain ringan sehingga mudah didorong kemana saja bahkan oleh anak-anak. PELAN2 terdiri dari 60% buku untuk anak-anak, 20% buku untuk remaja, dan 20% buku untuk dewasa. Di dalam PELAN2 juga tersedia alat tulis, seperti: pensil, bolpoin, spidol, crayon, dll. Selain itu juga ada beberapa mainan edukasi, diantaranya: puzzle balok, puzzle datar, ular tangga raksasa, thinkers, dll. Rencana selanjutnya, kami akan menambahkan mainan-mainan tradisional untuk anak-anak.

Sistem yang kami terapkan pada PELAN2 yaitu self service, artinya “buka-tutup-ambil” sesuai kebutuhan tanpa harus mengisi daftar hadir ataupun menulis buku yang akan dipinjam dan yang telah dikembalikan. Semua aktifitas pada PELAN2 didasari oleh kejujuran dan kesadaran untuk menjaga buku tetap dalam kondisi baik. Dan apabila buku yang dipinjam hilang atau rusak saat dikembalikan, peminjam buku tidak akan dikenakan denda. Mereka bebas meminjam apapun yang ada di dalam PELAN2 secara gratis dan tidak dibatasi lama waktunya.

Sementara untuk keperluan arsip, buku yang ada di PELAN2 tidak dibuat penomorannya melainkan hanya dokumentasi berupa foto dari setiap buku sebagai koleksi yang bisa dilihat di Highlight Instagram Story Mraen Mimpi. Koleksi tersebut diperbaharui setiap 3 bulan dan mendonasikannya ke perpustakaan, rumah baca, dll, sehingga semakin luas persebaran dan manfaatnya.

Kami juga menyediakan fasilitas penunjang untuk memberikan kenyamanan saat membaca, seperti: 4 kursi tong, tikar, payung, dan mantel gerobak.

Untuk menjaga agar Mraen Mimpi atau PELAN2 tampak selalu baru, maka secara berkala kami berupaya mendekorasi ulang gerobak serta fasilitas penunjang lainnya. Seperti halnya kursi baca yang awalnya masih terbuat dari susunan kaleng, sekarang sudah berubah menjadi kursi dari tong.

COMING SOON -> Saat ini sedang proses pembuatan Gerobak PELAN2 (Perpustakaan Jalan-jalan) untuk MOCOWIJAYAN di Kota Yogyakarta dan SAMPERIN BUKU di Kota Jombang, Jawa Timur.

Temukan Kami!